Pemprov Papua Siapkan Lahan 263 Hektar untuk Buah Merah

Buah Merah Yang Dijual Masyarakat Papua - Jubi/www.kidnesia.com

Buah Merah Yang Dijual Masyarakat Papua – Jubi/www.kidnesia.com

Jayapura, Jubi/Media Papua – Pemerintah Provinsi Papua tahun ini, akan menambah lahan seluas 263 hektar untuk pengembangan tanaman buah merah. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan ‘buah surga’ ini menjadi produk unggulan.

“Tahun lalu kami sudah kembangkan lahan buah merah seluas 40 hektar, dan tahun ini kami akan tambah lahan seluas 263 hektar,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, Semuel Siriwa, di Jayapura, Jumat (3/7/2015).

Untuk memenuhi kebutuhan bibit, ujar Semuel, pihaknya akan menyediakan sebanyak 1005 benih pohon buah merah. Sebab, satu hektar dibutuhkan 400 bibit.

“Kebutuhan benih buah merah sekitar 400 bibit per hektar dikali 263 hekatr, dengan total 1005 bibit pohon untuk tahun 2015,” ucapnya.

Katanya, untuk ketersedian bibit buah merah, akan disiapkan oleh pihak ketiga melalui Unit Layanan Pangadaan (ULP) atau melalui proses lelang. Hal ini untuk menjaga ketersedian kebutuhan bibit bagi petani dilapangan.

“Yang jelas, ketersediaan benih buah merah dilapangan siap. Untuk pengolahan minyak buah merah, pemerintah provinsi tahun ini telah menyiapkan lima unit mesin, namun pengadaan mesin, skop dan cangkul harus melalui proses lelang,” ucapnya.

“Kami dari sektor produksi, diharapkan kerjasama lintas sektor SKPD terkait. Saya tidak bisa kerjakan sendiri, perlu koordinasi dengan satuan kerja terkait,” katanya lagi.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengatakan buah merah yang memiliki nama ilmiah Pandanus Conoideus Lam adalah ‘buah surga’ yang terbukti memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit dan bernilai ekonomis tinggi. Untuk itu, sudah seharusnya seluruh masyarakat Papua menanamnya. (tabloidjubi.com/MP)

 

#MP

Iklan

One comment

  1. Ping-balik: Pemprov Papua Siapkan Lahan 263 Hektar untuk Buah Merah – Buah Merah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s